Pemerintah Desa Watu Arus Gelontorkan DD 1 Miliar untuk Kepentingan Masyarakat Desa

- 10 Mei 2024, 11:02 WIB
/

Suara Flores - Pemerintah Desa Watu Arus, Kecamatan Lamba Leda Timur, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) gelontor Dana Desa (DD) senilai 1 miliar lebih untuk kepentingan masyarakat di desa itu.


Kepala Desa Watu Arus, Didianus Literman menuturkan bahwa alokasi dana desa dan anggaran dana desa (ADD) tahun 2024 sudah tertuang dalam dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES).


Kata Didianus saat ini pihaknya telah mempublikasikan dan mengupload APBDES di sejumlah titik sentral. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menjaga transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa.


Sebab, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan adalah pilar dalam membangun kepercayaan antara pemerintah desa dan masyarakat.

 

Baca Juga: Kades Rana Mese, Kecamatan Congkar Diduga Tidak Transparan Dalam Mengelola Dana Desa


“Kita membangun kepercayaan masyarakat salah satunya dengan memasang papan informasi APBDes. Jadi masyarakat memiliki akses langsung terhadap informasi mengenai pendapat dan belanja di Desa Plosorejo,” katanya pada Jumat (10/4/2024).
Juga, pemasangan papan informasi itu dimaksudkan agar warga desa setempat mengetahui sumber anggaran APBDes. Termasuk rencana penggunaannya dalam setahun kedepan.


Karena itu, ia mengajak warga turut ikut mengontrol anggaran desa agar penggunaanya tepat sasaran.


Didianus mengatakan pada tahun 2024, Pemerintah desa telah mengalokasikan DD dan ADD untuk kepentingan masyarakat desa. Sesuai yang tertuang dalam APBDES berikut jenis kegiatan yang dilakukan, diantaranya.

Baca Juga: Sinopsis Film Braven: Pertarungan Melawan Kejahatan di Lembah demi Keluarga

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah