Indonesia Serukan Kesetaraan Akses Air Bersih di Pulau-Pulau Kecil

- 23 Mei 2024, 19:21 WIB
diskusi High Level Panel 12 World Water Forum ke-10 dengan topik “Integrated Water Resources Management on Small Islands” di Bali International Convention Center, Nusa Dua pada Selasa 21 Mei 2024. Foto: Istimewa
diskusi High Level Panel 12 World Water Forum ke-10 dengan topik “Integrated Water Resources Management on Small Islands” di Bali International Convention Center, Nusa Dua pada Selasa 21 Mei 2024. Foto: Istimewa /

Suara Flores - Pulau-pulau kecil (small islands) yang tersebar di seluruh dunia berhak mendapatkan akses atau fasilitas air bersih.

Komitmen bersama ini dibahas dalam diskusi High Level Panel 12 World Water Forum ke-10 dengan topik “Integrated Water Resources Management on Small Islands” di Bali International Convention Center, Nusa Dua pada Selasa 21 Mei 2024.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagian besar negara kepulauan kecil memiliki permasalahan yang sama seperti keterbatasan sumber daya, urbanisasi, pertanian, keterpencilan, kerentanan terhadap bencana alam karena pusat ekonomi dekat garis pantai, dan lingkungan alam yang rentan. 

 

Baca Juga: World Water Forum ke-10 di Bali Berlangsung Aman Berkat Sinergitas

 

“Di negara-negara kepulauan kecil yang sedang berkembang, tantangan-tantangan ini semakin diperburuk oleh kurangnya sumber daya keuangan dan kapasitas teknis, sehingga mengganggu implementasi rencana ketahanan iklim,” kata Basuki.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk mengatasi berbagai permasalahan terkait air, maka sangat penting untuk membangun dan memfasilitasi pemahaman berbasis pengetahuan mengenai dampak perubahan iklim terhadap negara-negara kepulauan kecil, pulau-pulau kecil, dan negara bagian.

“Pertemuan High Level Panel ini diharapkan dapat memberikan kerangka kerja sama dalam mendorong dan menerapkan pengelolaan sumber daya air terintegrasi di pulau-pulau kecil,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Gabriel Anggur


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah