Meski Sudah Lakukan Perekaman, Sebanyak 3.597 Warga Ende Belum Kantongi KTP Elektronik

- 18 Januari 2024, 12:54 WIB
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Ende Lambertus Siga. Foto
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Ende Lambertus Siga. Foto /ARK/Suara Flores

Suara FloresSebanyak 197.142 warga Kabupaten Ende telah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik periode November 2023 hingga Januari 2024. Namun, dari jumlah tersebut, sebanyak 3.597 diantaranya belum mengantongi KTP Elektronik. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ende Lambertus Siga Sare ketika dikonfirmasi Suara Flores melalui sambungan telepon pada Rabu 17 Januari 2024 malam.

Lambertus menjelaskan, sebanyak 3.597 warga yang sudah melakukan perekaman belum memiliki KTP Elektronik karena blanko KTP Elektronik di Disdukcapil Kabupaten Ende habis.

Menurut Lambertus, pada awal Januari 2024 pihaknya sudah melakukan pengajuan ke blanko E- KTP ke Kementerian Dalam Negeri. 

"Awal tahun ini, kami sudah ajukan sebanyak 10.000 keping, namun yang terjawab hanya 4.000 keping saja, kalau tidak ada kendala minggu depan sudah tiba di Ende dan siap untuk dicetak bagi warga yang masuk daftar tunggu" jelas Lambertus.

Namun, kata Lambertus, jumlah blanko KTP Elektronik yang diajukan ke Kemendagri tidak bisa menjawab seluruh kebutuhan warga yang sudah maupun yang akan melakukan perekaman KTP Elektronik kedepannya

"Namun dengan kondisi ini kami dari pihak Disdukcapil Kabupaten Ende tetap melakukan perekaman KTP Elektronik bagi warga yang membutuhkan baik yang datang ke Disdukcapil maupun dengan metode jemput bola" kata Lambertus. 

Lambertus menambahkan, daftar tunggu pencetakan terus bertambah karena setiap hari ada pelayanan perekaman KTP Elektronik di Disdukcapil Kabupaten Ende

Halaman:

Editor: Gabriel Anggur


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah