Breaking News, Gempa Magnitudo 5,1 Guncang NTT, Begini Kata BMKG

- 2 Januari 2024, 13:39 WIB
Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,1 mengguncang wilayah  Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) hari ini sekitar pukul 12.46 Wita
Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) hari ini sekitar pukul 12.46 Wita /Istimewa

Suara FloresGempa bumi berkekuatan magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) hari ini sekitar pukul 12.46 Wita.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Stasiun Geofisika Kupang, Margiono seperti dipansir ANTARA, Selasa 2 Januari 2023.

Baca Juga: Status Gunung Api Lewotobi Naik Level Waspada, Ribuan Warga Dievakusi

Margiono menjelaskan, gempa tektonik berkekuatan magnitudo 5,1 tersebut berlokasi di darat wilayah Taebenu, Kabupaten Kupang, pada kedalaman 29 kilometer.

Gempa tersebut dirasakan di kota dan Kabupaten Kupang dengan skala intensitas II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Margiono mengatakan gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas deformasi batuan dalam Flores Trough.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Resmikan Terminal dan Jembatan di Jawa Tengah Hari Ini

Lalu hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun atau normal.

Halaman:

Editor: Gabriel Anggur

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah