Cerita Menceana: Tinggalkan Eropa demi Bangun Usaha Kopi 'Ine Wea' di Maumere

- 8 Januari 2024, 20:59 WIB
Menceana Sada, Owner Kopi Ine Wea. Foto: Suara Flores
Menceana Sada, Owner Kopi Ine Wea. Foto: Suara Flores /Lazarus Sada

Suara Flores Bagi sebagian orang tinggal di Negara Eropa itu menyenangkan. Namun tidak dengan perempuan yang satu ini. Bagi nya hidup di Negeri sendiri akan lebih baik dari pada hidup di negeri orang.

Manceana Sada ( 45) alias Manceana begitu Ia disapa oleh teman-teman nya merupakan salah satu Pelaku UMKM di Kabupaten Sikka yang nama nya kian hari semakin dikenal dengan Kopi " Ine Wea " yang menjadi Brand pada Kopi yang diproduksinya.

" Kalau ditanya hidup di Eropa menyenangkan, saya jawab tidak selama nya hidup di Eropa itu menyenangkan apalagi tinggal bertahun-tahun. Ada saatnya dimana kita mengalami kejenuhan," jelas nya saat ditemui media ini di Maumere, Senin, 8 Januari 2023.

Baca Juga: Bansos PKH dan BPNT Tidak Cair? Ternyata Ini Masalahnya!

Hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Bagi perempuan kelahiran Nagekeo ini, banyak sekali perbedaan yang tentu membuatnya memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan memilih untuk membuka usaha sendiri seperti membuka kursus Bahasa Italia dan Bahasa Inggris serta menjual kopi bubuk dan biji dengan Brand "Ine Wea".

"Saya sudah mempertimbangkan dan memutuskan untuk kembali ke Flores dan sekarang saya merintis usaha sendiri dengan membuka khusus Bahasa Italia dan Bahasa Inggris dengan menjual kopi Ine Wea," katanya.


Dikatakannya, memilih membuka usaha sendiri bukan lah sebuah kebetulan tapi memang niat dari dulu sejak tinggal di Italia. Dan jenis usaha yang di bangun nya merupakan sebuah peluang.

Baca Juga: Keren! Perhiasan Zero Waste Karya UMKM Binaan Pertamina Mendunia


"Saat ini minat dan antusias anak-anak sekolah dan Umum untuk ikut khusus Bahasa Italia dan Inggris cukup tinggi. dalam satu hari bisa 2-3 shif les," tambahnya.

Halaman:

Editor: Yasinta Murni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah