Sejarah dan Signifikansi Hari Asteroid Sedunia yang Diperingati Setiap 30 Juni

- 30 Juni 2024, 16:44 WIB
Setiap tanggal 30 Juni, dunia memperingati Hari Asteroid Sedunia untuk meningkatkan kesadaran akan ancaman potensial asteroid terhadap Bumi dan untuk mempelajari lebih lanjut tentang asteroid sebagai bagian penting dari sistem tata surya kita. Foto: istimewa
Setiap tanggal 30 Juni, dunia memperingati Hari Asteroid Sedunia untuk meningkatkan kesadaran akan ancaman potensial asteroid terhadap Bumi dan untuk mempelajari lebih lanjut tentang asteroid sebagai bagian penting dari sistem tata surya kita. Foto: istimewa /

Suara Flores - Setiap tanggal 30 Juni, dunia memperingati Hari Asteroid Sedunia untuk meningkatkan kesadaran akan ancaman potensial asteroid terhadap Bumi dan untuk mempelajari lebih lanjut tentang asteroid sebagai bagian penting dari sistem tata surya kita.

Setiap tahun di tanggal 30 Juni, selalu diperingati sebagai Hari Asteroid Sedunia. Peringatan ini hadir dengan tujuan untuk mengingatkan manusia akan peran penting asteroid bagi kehidupan. 

Menurut Wikipedia, Asteroid disebut juga planet minor atau planetoid. Asteroid adalah benda berukuran lebih kecil daripada planet, tetapi lebih besar daripada meteoroid.

Perayaan ini bukan hanya tentang menghormati asteroid, tetapi juga tentang mengingatkan kita akan pentingnya perlindungan Bumi dari potensi dampak asteroid yang berbahaya.

Baca Juga: Antusiasme Ribuan Warga: Job Fair 2024 Kota Bandung Menarik Perhatian

Asal Usul Hari Asteroid Sedunia

Hari Asteroid Sedunia pertama kali diusulkan oleh Asteroid Day Declaration yang ditandatangani oleh sejumlah ilmuwan, ahli ruang angkasa, dan tokoh terkenal di Grup Keamanan Planet.

Tanggal 30 Juni dipilih untuk merayakan peristiwa terbesar yang diketahui dalam sejarah dampak asteroid modern, yaitu kejadian Tunguska pada 30 Juni 1908, ketika sebuah objek asteroid atau komet jatuh ke Siberia, Rusia, menyebabkan ledakan besar yang setara dengan beberapa megaton TNT dan merusak ratusan kilometer persegi hutan.

Tujuan Peringatan

Halaman:

Editor: Yasinta Murni

Sumber: rri.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah