Gunung Merapi Kembali Erupsi, Semburan Abu Vulkanik Setinggi 1,3 Kilometer

- 14 Januari 2024, 09:53 WIB
Gunung Merapi kembali mengalami erupsi pada Minggu, 14 Januari 2024 pagi
Gunung Merapi kembali mengalami erupsi pada Minggu, 14 Januari 2024 pagi /Istimewa

Suara FloresErupsi Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat diiringi dengan hujan abu vulkanik yang terjadi di sekitar lereng gunung, salah satunya di Nagari (desa) Bukik Batabuah pada Minggu, 14 Januari 2024.

"Ya, tadi dentumannya (letusan Marapi) cukup keras, dan setelah itu terjadi hujan abu vulkanik" kata relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Agam, Tayap pada Minggu, 14 Januari 2024 pagi. 

Dikutip dari ANTARA, Pos Pengamatan Gunung Api Marapi melaporkan, tinggi kolom abu teramati sekitar 1.300 meter di atas puncak atau kurang lebih 4.191 meter di atas permukaan laut. Erupsi gunung api tersebut juga diiringi lontaran material pijar berwarna kemerahan yang menyembur di sekitar puncak Gunung Marapi.

Baca Juga: Penangkapan AWK Jadi Pelajaran Bagi Masyarakat agar Bijak Bermedia Sosial

Sesaat setelah letusan terjadi, para relawan dan tim gabungan dari berbagai instansi tampak bersiaga mengantisipasi kemungkinan terburuk.


Masih dalam laporan Pos Pengamatan Gunung Api Marapi, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 29 milimeter dan durasi sementara sekitar 45 detik.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) telah mengeluarkan rekomendasi terkait peningkatan status Gunung Marapi dari level dua menjadi level tiga.

Baca Juga: Begini Pengakuan Keluarga Usai AWK Ditangkap Polisi

Halaman:

Editor: Yasinta Murni

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah