Tiga Aspek yang Terpengaruh Pelemahan Kurs Rupiah, Mengapa?

- 19 April 2024, 11:30 WIB
Tiga Aspek yang Terpengaruh Pelemahan Kurs Rupiah, Mengapa?
Tiga Aspek yang Terpengaruh Pelemahan Kurs Rupiah, Mengapa? /Istimewa

 


Suara Flores - Pelemahan kurs Rupiah terhadap Dolar AS bukan hanya berdampak pada nilai tukar mata uang saja, tetapi juga pada beberapa aspek penting dalam perekonomian.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kian ramai diperbincangkan. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah.

Pada Rabu, 17 April 2024, nilai tukar rupiah kian melemah di level Rp16.220 per dolar AS. Lalu pada Rabu hari ini, 18 April 2024, kurs rupiah menguat 0,27 persen menjadi Rp16.177 per dolar AS.

Baca Juga: Dampak Indikator Ekonomi AS yang Kokoh Terhadap Pelemahan Kurs Rupiah

Dampak Ekonomi Makro

Dampak langsung dari pelemahan rupiah adalah peningkatan harga barang impor. Hal ini yang kemudian bisa menyebabkan inflasi impor. Artinya, biaya hidup akan meningkat lantaran barang-barang impor seperti bahan pangan dan bahan bakar menjadi lebih mahal. Selain itu, utang luar negeri dengan denominasi dolar AS akan terasa lebih berat karena memerlukan lebih banyak rupiah untuk membayar jumlah dolar yang sama

Dampak Sosial

Secara sosial, pelemahan nilai tukar rupiah sangat mempengaruhi daya beli masyarakat. Pasalnya, kenaikan harga barang impor bisa mempengaruhi kemampuan konsumen dalam membelinya.

Halaman:

Editor: Yasinta Murni

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x