Polres Rote Ndao Amankan Tersangka dan Barang Bukti Kasus Illegal Logging di Hutan Lindung Oana

- 24 Mei 2024, 19:29 WIB
Polres Rote Ndao berhasil mengungkap kasus illegal logging di Kawasan Hutan Lindung Oana, Dusun Tekeme, Desa Mbokak, Kecamatan Rote Barat Laut, pada 14 Mei 2024. Foto: Istimewa
Polres Rote Ndao berhasil mengungkap kasus illegal logging di Kawasan Hutan Lindung Oana, Dusun Tekeme, Desa Mbokak, Kecamatan Rote Barat Laut, pada 14 Mei 2024. Foto: Istimewa /

Suara Flores - Kepolisian Resort Rote Ndao berhasil mengungkap kasus illegal logging di Kawasan Hutan Lindung Oana, Dusun Tekeme, Desa Mbokak, Kecamatan Rote Barat Laut, pada 14 Mei 2024.

Kasat Reskrim Polres Rote Ndao AKP Markus Yosepus Foeh menjelaskan, pengungkapan kasus ini bermula dari laporan warga yang mencurigai adanya aktivitas penebangan kayu jati putih di kawasan hutan lindung tersebut.

Mendapat informasi ini, kata dia, Tim Resmob Satreskrim Polres Rote Ndao segera berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Rote Ndao untuk mengecek lokasi kejadian.

 

Baca Juga: Karir Cemerlang Menanti! Susi Air Buka Lowongan Kerja Terbaru 2024

 

"Setibanya di lokasi, petugas menemukan aktivitas penebangan kayu jati putih yang diolah menjadi papan menggunakan mesin somel, dilakukan oleh tiga warga, yaitu SB (38), DAN (34), dan CAN (37)," jelas AKP Markus Yosepus Foeh.

Setelah diinterogasi, ketiga pelaku mengaku bahwa kayu-kayu tersebut milik FM (42). FM kemudian dipanggil ke lokasi dan mengakui bahwa kayu tersebut ditebang pada dua waktu berbeda, yakni 3 Mei dan 13 Mei.

Pengecekan oleh Dinas Kehutanan memastikan bahwa lokasi penebangan masuk dalam kawasan hutan lindung Oana. Saat ini, FM telah ditetapkan sebagai tersangka dan diamankan di Mapolres Rote Ndao untuk proses hukum lebih lanjut. Pelaku diduga melanggar Pasal 82 Ayat (1) huruf b Jo Pasal 12 huruf b Undang-Undang RI Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan Jo Pasal 64 Ayat (1) KUHP.

Halaman:

Editor: Gabriel Anggur

Sumber: Humas Polda NTT


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah