Simak! Inilah 10 Kasus Korupsi dengan Kerugian Negara Terbesar di Indonesia

- 9 Juni 2024, 09:18 WIB
Ilustrasi - Mantan Kepala Dinas Syariat Gayo Lues jadi tersangka atas dugaan kasus korupsi uang makan dalam kegiatan santri.*
Ilustrasi - Mantan Kepala Dinas Syariat Gayo Lues jadi tersangka atas dugaan kasus korupsi uang makan dalam kegiatan santri.* /Pixabay/stevepb/

 

Suaraflores.com - Korupsi telah menjadi masalah serius di Indonesia, merugikan negara dalam skala yang besar. Berikut adalah 10 kasus korupsi dengan kerugian negara terbesar yang pernah terjadi di Indonesia:

Kasus BLBI (Bank Indonesia Liquidity Support)
Kasus ini terjadi pada era krisis moneter tahun 1997-1998.

Dana BLBI yang seharusnya digunakan untuk menyelamatkan bank-bank yang mengalami kesulitan justru disalahgunakan oleh sejumlah pengusaha dan pejabat bank, merugikan negara hingga triliunan rupiah.

Baca Juga: Nutrition dan Save The Children terapkan program atasi stunting di Dua Kabupaten di NTT

Kasus Jiwasraya
Skandal ini melibatkan PT Asuransi Jiwasraya, salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia. Dana nasabah yang seharusnya diinvestasikan dengan baik malah digunakan untuk proyek-proyek yang merugikan perusahaan, dengan kerugian diperkirakan mencapai puluhan triliun rupiah.

Kasus Century
Kasus ini terkait dengan bailout yang dilakukan pemerintah terhadap Bank Century pada tahun 2008. Dana bailout yang seharusnya digunakan untuk menyelamatkan bank-bank yang terkena dampak krisis justru disalahgunakan, dengan dugaan korupsi mencapai ratusan miliar rupiah.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Besok 9 Juni 2024: Saatnya Memperbaiki Hubungan Asmara yang Renggang

Kasus PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI)
Perusahaan minyak dan gas ini mengalami kerugian yang besar akibat pengelolaan yang buruk dan dugaan korupsi di dalamnya. Kerugian negara dalam kasus ini mencapai miliaran dolar AS.

Halaman:

Editor: Yasinta Murni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah