Hadapi Peningkatan Aktivitas Lewotobi Laki-laki, BPBD Flotim Siapkan Logistik

- 20 Juni 2024, 14:01 WIB
Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur yang terjadi kurang lebih sejam yang lalu, Rabu, 19 Juni 2024.
Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur yang terjadi kurang lebih sejam yang lalu, Rabu, 19 Juni 2024. /Eman Niron/Flores Terkini

 

Suara Flores - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Flores Timur telah mengambil langkah antisipatif dengan menyiapkan berbagai logistik sebagai persiapan menghadapi potensi peningkatan aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki.

Langkah ini diambil untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi kemungkinan peningkatan status gunung berapi yang dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

 Baca Juga: Ranperkada Kota Kupang, Pajak, Retribusi Daerah Dinyatakan Harmonis

Maria Evelina M. Hallan, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Flores Timur, pada Kamis, 20 Juni 2024 menyatakan, bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai fasilitas penting seperti tenda, dapur umum, tangki air, kasur lipat, dan masker.

Selain itu, telah disiapkan tiga lokasi pengungsian di wilayah tersebut untuk evakuasi warga sekitar gunung jika diperlukan. Dua lokasi berada di Kecamatan Wulanggitang, yaitu gedung SMP dan SD di Boru, serta satu lokasi di Kecamatan Titehena, Desa Bokang.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cinta Leo, Virgo, Libra, Scorpio Jumat 21 Juni 2024: Leo Bertemu Pasangan

"Pemerintah Kabupaten Flores Timur telah menggelar rapat dengan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi terkait untuk memastikan kesiapan tempat penampungan sementara dan menindaklanjuti penetapan status tanggap darurat bencana setelah terjadi peningkatan tingkat aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki dari level II Waspada menjadi Level III Siaga," ungkap Maria.

Saat ini, dua desa yang terpapar abu vulkanik adalah Desa Nobo dan Desa Dulipali di Kecamatan Ile Bura. Sementara di Kecamatan Wulanggitang, beberapa desa yang terdampak antara lain Desa Klatanlo, Desa Hokeng Jaya, Desa Persiapan Padang Pasir, Desa Persiapan Nawokote B, Desa Nawokote, dan Desa Boru.

Halaman:

Editor: Yasinta Murni

Sumber: RRI Ende


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah