Kemenag Ende Gelar Pembinaan FKUB untuk Cegah Konflik Sosial

- 28 Juni 2024, 14:53 WIB
Kemenag Ende Gelar Pembinaan FKUB untuk Cegah Konflik Sosial
Kemenag Ende Gelar Pembinaan FKUB untuk Cegah Konflik Sosial /Istimewa /

 

Suara Flores - Untuk mencegah terjadinya konflik dan gesekan sosial di masyarakat, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende mengadakan kegiatan Pembinaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Dialog Kerukunan Umat Beragama Tingkat Kabupaten Ende. Acara ini berlangsung selama tiga hari, mulai 27 hingga 29 Juni 2024, bertempat di Aula Hotel Syifa Ende.

Ketua Panitia, Ahmad Perdana Mosa Basa, dalam laporannya menjelaskan bahwa antisipasi gesekan sosial ini meliputi konflik antarumat beragama, internal umat beragama, dan antara umat beragama dengan pemerintah.

Baca Juga: Bayi Perempuan yang Dibuang di Panti Asuhan di Ende Dipertemukan dengan Ibu Kandungnya

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan bagi tokoh agama, tokoh masyarakat, dan aparatur pemerintah tentang kerukunan antarumat beragama.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membangun pemahaman yang utuh tentang moderasi beragama dan memperkuat internalisasi konsep moderasi beragama. Selain itu, peserta juga diharapkan memahami secara mendalam Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri," ujar Ahmad Perdana.

Lebih lanjut, Ahmad Perdana mengemukakan bahwa melalui kegiatan pembinaan ini diharapkan dapat memberikan masukan dan solusi dalam menyelesaikan masalah yang terjadi di tengah masyarakat antarumat beragama di daerah.

Baca Juga: Tips Mendesain Rumah Minimalis Modern untuk Lahan Kecil

Selain itu, juga diharapkan terciptanya persamaan persepsi dalam menyelesaikan permasalahan kerukunan umat beragama di tengah masyarakat, sehingga tercipta rasa aman dan tentram dalam kehidupan bermasyarakat untuk menjalankan ibadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

Halaman:

Editor: Yasinta Murni

Sumber: RRI Ende


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah