Memasuki Musim Hujan, Pemkab Matim Imbau Warga Waspadai Banjir dan Longsor

- 5 Januari 2024, 19:35 WIB
 Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur imbau warga waspadai tanah longsor dan banjir
Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur imbau warga waspadai tanah longsor dan banjir /Istimewa

Suara FloresPemerintah Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir dan tanah longsor khususnya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana.

Dikutip dari ANTARA, himbauan tersebut disampaikan oleh Bupati Manggarai Timur Agas Andreas mengingat wilayah Kabupaten Manggarai Timur sudah telah memasuki musim hujan.khususnya pada wilayah rawan bencana karena kabupaten tersebut telah memasuki musim hujan.

"Kami imbau masyarakat waspada kemungkinan terjadinya longsor dan banjir bandang di lokasi-lokasi yang dianggap potensial, terutama masyarakat yang berada di pinggir sungai dan daerah perbukitan," ujar Agas pada Jumat, 5 Januari 2024.

Baca Juga: Tangani Dampak Erupsi Gunung Lewotobi, Ratusan Personel Polda NTT Diberangkatkan ke Flores Timur

Adapun beberapa wilayah yang berpotensi longsor di Kabupaten Manggarai Timur yakni Kecamatan Lamba Leda Utara dan Selatan. Sedangkan kejadian banjir bandang bisa terjadi di Kecamatan Borong, Lamba Leda Timur, Lamba Leda Selatan, Lamba Leda Utara, dan Ranamese.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Agas meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai atau saluran air sehingga tidak terjadi penumpukan sampah yang menyebabkan banjir.

Agas juga berpesan agar masyarakat melakukan kerja bakti untuk membersihkan saluran air di lingkungan masing-masing.

Baca Juga: Wajib Dibaca! Ternyata Ini Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan Jika Diminum Tiap Hari

Untuk menghindarkan diri dari kejadian yang tidak diinginkan akibat angin kencang, Agas meminta masyarakat untuk mewaspadai kondisi pohon yang sudah tua, tiang listrik, atau papan reklame yang berpotensi tumbang.

Halaman:

Editor: Gabriel Anggur

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x