Heboh! Danau Kelimutu di Ende Berubah Warna, Pertanda Bencana?

- 23 Mei 2024, 08:35 WIB
Danau Kelimutu yang terletak di puncak Gunung Kelimutu, Kabupaten Ende berubah warna pada Rabu, 22 Mei 2024. Foto: Istimewa
Danau Kelimutu yang terletak di puncak Gunung Kelimutu, Kabupaten Ende berubah warna pada Rabu, 22 Mei 2024. Foto: Istimewa /

Suara Flores - Danau Kelimutu yang terletak di atas puncak Gunung Kelimutu di Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, kembali mengalami perubahan warna pada hari Rabu 22 Mei 2024.

Perubahan warna Danau Kelimutu dibenarkan oleh Kepala Pengamatan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Geologi Wilayah Nusa Tenggara, Arios Ghele Raja, 

Arios menjelaskan, berdasarkan hasil pengamatan gunung api, terjadi perubahan warna Danau Tiwu Ata Polo, di mana air danau berubah menjadi coklat kehitaman. Perubahan ini disebabkan oleh aktivitas vulkanik yang terjadi di sekitar wilayah tersebut.

 

Baca Juga: Hasil Final Liga Europa: Atalanta Permalukan Bayer Leverkusen dengan Skor Telak 3-0

"Memang benar ada perubahan warna air danau Tiwu Ata Polo yang berubah menjadi coklat kehitaman pada hari ini," jelasnya.

Meskipun terjadi perubahan warna di danau, Arios menyatakan bahwa aktivitas vulkanik, khususnya kegempaan, masih fluktuatif dan tidak mengalami perubahan signifikan. 

"Sampai saat ini berdasarkan hasil pengamatan dari pos pemantau gunung Kelimutu belum ada aktivitas vulkanik yang signifikan , kegempaan masih fluktuatif belum ada perubahan," jelasnya.

 

Halaman:

Editor: Gabriel Anggur

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah