Breaking News: Status Gunung Kelimutu Naik ke Level Waspada Usai Air Danau Berubah Warna

- 26 Mei 2024, 08:27 WIB
Danau Kelimutu yang terletak di puncak Gunung Kelimutu, Kabupaten Ende berubah warna pada Rabu, 22 Mei 2024. Foto: Istimewa
Danau Kelimutu yang terletak di puncak Gunung Kelimutu, Kabupaten Ende berubah warna pada Rabu, 22 Mei 2024. Foto: Istimewa /

 

Suara Flores - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengeluarkan rekomendasi kepada pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Ende terkait kondisi Gunung Kelimutu pasca air Danau Kelimutu berubah warna beberapa waktu lalu.

Kepala PVMBG Bandung, Hendra Gunawan, menyatakan bahwa tingkat aktivitas Gunung Kelimutu dinaikkan dari Level I (Normal) ke Level II (Waspada) mulai jumat 24 Januari 2024 pukul 13.00 WITA.

Dalam tingkat aktivitas Level II (Waspada), PVMBG merekomendasikan agar masyarakat dan pengunjung tidak berada di sekitar area kawah dalam radius 250 meter dari tepi kawah untuk menghindari potensi bahaya.

 

Baca Juga: Heboh! Danau Kelimutu di Ende Berubah Warna, Pertanda Bencana?

 

Pemantauan intensif untuk mengevaluasi aktivitas Gunung Kelimutu terus dilakukan oleh PVMBG.

PVMBG juga mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Kelimutu agar tetap tenang dan tidak terpancing oleh berita-berita yang tidak bertanggung jawab mengenai aktivitas gunung tersebut. 

Halaman:

Editor: Gabriel Anggur

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah