Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi, Abu Vulkanik 1.000 Meter

- 26 Juni 2024, 19:22 WIB
Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi, Abu Vulkanik 1.000 Meter
Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi, Abu Vulkanik 1.000 Meter /Istimewa/

 

Suara Flores - Gunung Lewotobi Laki-laki kembali erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 1.000 meter di atas puncak. Gunung yang terletak di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengeluarkan kolom abu dengan intensitas tebal dan mengarah ke arah barat dan barat laut.

"Terjadi erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki, pukul 11:45 WITA. Ini dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.000 m di atas puncak (± 2484 m di atas permukaan laut)," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki, Adzan Anugrah Indiarsyah dalam keterangannya yang diterima RRI, Rabu, 26 Juni 2024.

Baca Juga: Pengumuman Hasil Final Rekrutmen Bersama BUMN 2024: Catat Tanggalnya!

Selanjutnya kolom abu erupsi terlihat warna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat dan barat laut. "Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 47.3 mm dan durasi 732 detik," ujarnya.

Untuk itu ia mengimbau masyarakat dan pengunjung yang berada di sekitar gunung tidak melakukan aktivitas apapun. Dalam radius 3 km dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan.

Baca Juga: Kesempatan Emas! Toso Buka Lowongan Kerja 2024 untuk Lulusan SMA/SMK, D3, dan S1

"Gunung Lewotobi Laki-laki saat ini masih berstatus siaga atau level III. Masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius tiga kilometer dari pusat erupsi serta sektoral empat kilometer pada arah utara-timur laut dan lima kilometer pada sektor timur laut," ucapnya.***

 

Halaman:

Editor: Yasinta Murni

Sumber: RRI Ende


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah